Selasa, 10 November 2009

Gunung Kukusan


Kukusan adalah sebuah alat untuk menenek nasi yang terbuat dari bambu.Betuk kukusan ini seperti kerucut. Tapi kukusan yang dimaksut bukanlah kukusan untuk menenek nasi ,melainkan kukusan nama sebuah gunung.
Gunung kukusan adalah sebuah gunung yang terletak di sekitar natah kecamatan nglipar,kabupaten gunungkidul. Gunung ini lumayan tinggi,dapat dilihat dari kejauhan.
Masyarakat memberi nama gunungkukusan karena bentuknya menyerupai kukusandan berbentuk seperti kerucut.,selain itu jugadapat mengeluarkan asap atau seperti kabut.Kabut dalam bahasa jawa yaitu kukusan.
Gunung ini hanyalah gunung biasa ,bukanlah gunung aktif yang dapat meletus,melainkan sekitarnya adalah ladang-ladang,perkebunan dan hutan-hutan.
Gunung kukusan ini bukanlah gunung yang dijadikan tempat wisata .Namun tidak berartitempat ini tidak boleh dikunjngi orang,tetapi hanya orang -orang yang merasa ingin tahu banyaktentang gunung kukusan ini.
Disana setiap saat ada orang yang mencari rumput untuk hewan ternaknya. Selain ituuntuk mencari kayu bakar untuk bahan bakar memasak . Jika tidak,mencari kayu cendana yang laku dijual .Orang-orang hanya mengambil saja tanpa tahu siapa yang memilikinya.
Itulah sedikit cerita asal mula nama sebuah gunung kukusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar